Nama | Pendidikan Agama II |
Kode | UNI619102 |
Jumlah SKS | 2 |
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah | 1. Membantu mahasiswa mengembangkan kepribadiannya agar memiliki kepedulian terhadap masalah-masalah masyarakat, bangsa dan Negara yang dilandasi oleh iman dan takwa, serta etika akademik melalui keterampilan intelektual. 2. Mengembangkan mahasiswa untuk mampu memahami, menginternalisasikan dan mengamalkan nialai-nilai agama Islam yang dianutnya, serta mampu menganalisis dan member solusi terhadap berbagai masalah, terutama yang terkait dengan bidang keteknikan dan kesipilan |
Bahan Kajian | 1. Agama Islam merupakan addiin yang mengatur seluruh aspek kehidupan manusia sehingga manusia sangat membutuhkannya. 2. Agama Islam memiliki warisan peradaban yang tinggi yang tersebar di segala penjuru dunia. 3. Agama Islam juga mengajarkan dimensi ilmu pengetahuan dan teknologi. 4. Impelementasi agama Islam berkaitan dengan bidang Teknik Sipil |
MATA KULIAH 4 | |
Nama | Pendidikan Kewarganegaraan |
Kode | UNI619104 |
Jumlah SKS | 2 |
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah | Mahasiswa memiliki wawasan, sikap dan perilaku yang mampu mengimplementasikan teori, konsep dan prinsip-prinsip kehidupan kewarganegaraan Indonesia berdasarkan Pancasila dan konsitusi Undang-Undang Dasar 1945 yang demokratis, berjiwa nasionalisme, cinta tanah air, cinta damai dan berkeadaban (taat: nilai, norma, dan hukum) dan keutuhan wilayah (yuridis –yurisdiksi nasional), partisipatif dalam aktivitas pembangunan masyarakat bangsa dan negara bangsa sesuai geopolitik dan geostrategi Indonesia, guna mencapai tujuan dan cita-cita bangsa. |
Bahan Kajian | Filsafat Pancasila, Identitas Nasional, Hak dan Kewajiban Warga Negara, Negara dan Konstitusi, Demokrasi Indonesia, HAM dan Rule of Low, Geopolitik Indonesia yaitu wilayah sebagai ruang hidup dan Otonomi Daerah, Geostrategi Indonesia |
Nama |
Bahasa Indonesia |
Kode |
UNI619105 |
Jumlah SKS |
2 |
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah |
Mahasiswa memperoleh keterampilan dalam membaca dengan cermat dan kritis. Melalui keterampilan ini, mahasiswa akan dapat menarik informasi dari bacaan mereka dan membuat reproduksi berupa ringkasan, ikhtisar/abstrak, dan sintesis. Pada akhirnya, mahasiswa dapat menyusun informasi yang mereka peroleh ke dalam sebuah makalah ilmiah dan menyajikan buah pikiran mereka secara lisan. |
Bahan Kajian |
Membaca dengan kritis; menggali informasi yang dibutuhkan melalui berbagai sumber; membuat ringkasan dan ikhtisar/abstrak; menyusun kembali informasi yang diperolehnya dalam sebuah sintesis; menyusun sebuah makalah ilmiah; dan menyampaikan gagasan mereka secara lisan. |
Nama | Kalkulus II |
Kode | TEK619102 |
Jumlah SKS | 3 |
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah | Mahasiswa mengerti dan mampu menghitung fungsi dua peubah atau lebih, turunan parsial, dan integral lipat. |
Bahan Kajian | Fungsi dua peubah atau lebih, integral rangkap dua, penerapan integral, dan teknik integrasi |
Nama | Fisika Dasar II |
Kode | TEK619104 |
Jumlah SKS | 2 |
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah | a. Mahasiswa mampu mendeskripsikan tentang keseimbangan statik : syarat kesetimbangan, pusat gravitasi dan jenis-jenis kesetimbangan b. Mahasiswa mampu mengidentifikasi tentang elastisitas dan patahan: hukum Hooke, modulus elastisitas, tegangan dan regangan serta patahan c. Mahasiswa mampu memahami konsep fluida: fluida statis dan dinamis d. Mahasiswa mampu memahami gerak harmonik: gerak harmonik sederhana, periode gerak harmonik sederhana, gerak harmonik teredam dan resonansi e. Mahasiswa mampu memahami karakteristik gelombang bunyi, kecepatan dan periode gelombang bunyi, efek Doppler f. Mahasiswa mampu memahami suhu dan pemuaian: suhu dan termometer, perpindahan energi panas, pemuaian zat serta koefisien muai panjang, luas dan volum g. Mahasiswa mampu memahami teori hidrostatika dan hidrodinamika: tekanan, tekanan hidrostatis, Hukum Pascal dan Archimedes, persamaan Bernoulli dan aplikasinya. |
Bahan Kajian | Keseimbangan statik, elastisitas dan patahan, fluida, gerak harmonik, gelombang bunyi, suhu dan pemuaian, hidrostatika dan hidrodinamika. Untuk mengambil matakuliah ini, mahasiswa sudah harus mengambil matakuliah Fisika Dasar 1. |
Nama | Ilmu Ukur Tanah |
Kode | TSP619102 |
Jumlah SKS | 2 |
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah | Mahasiswa mampu memahami dan mengetahui pengenalan alat pengukur sudut dan jarak peralatan ukur lain serta alat bantu yang biasa dipakai dalam pemetaan dan dasar-dasar pengukuran tanah. |
Bahan Kajian | Pengertian dan notasi yang dipergunakan pada pengukuran tanah. Metode pengambilan pengukuran jarak horizontal dan vertikal. Cara mengukur jarak yang sederhana secara langsung dan tidak langsung. Pengukuran sifat datar alat ukur wateropass (profil memanjang dan profil melintang untuk irigasi dan jalan raya). Alat ukur Theodolit (pengukuran sudut horizontal dan vertikal, perhitungan besar sudut, system koordinat kartesian dan koordinat polar, pengukuran sudut azimuth, polyangon terbuka dan polyangon tertutup, pengukuran detail situasi dan garis kontur). Teori kesalahan, metode koreksi kesalahan, metode pematokan, metode pengukuran luas. Perhitungan volume galiaan dan timbunan dan volume pekrjaan besar dan pemetaan hasil pengukuran. Pengenalan pemetaan digital dan sistem informasi geografis (SIG). |
Nama | Mekanika Struktur I |
Kode | TSP619104 |
Jumlah SKS | 3 |
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah | Mahasiswa mampu memahami dan mengerti pengetian dasar tentang gaya, sifat-sifat gaya. Menghitung resultan gaya, komposisi dari beberapa gaya, uraian gaya, keseimbangan gaya dengan cara analitis dan grafis. |
Bahan Kajian | Identifikasi macam-macam tipe struktur. Pengertian gaya dalam suatu penampang struktur, menganalisa & menghitung reaksi perletakan dan gaya dalam struktur statis tertentu (balok diatas dua perletakan, balok kantilever, balok gerber, portal sederhana). Menganalisa & menghitung gaya batang pada struktur rangka batang bidang (2D). Portal 2D dan pelengkung, trus (rangka batang). |
Nama | Konstruksi Bangunan I |
Kode | TSP619106 |
Jumlah SKS | 2 |
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah | a. Mahasiswa memahami bidang-bidang pekerjaan teknik sipil dan tugas-tugasnya b. Mahasiswa memahami tahapan pembangunan gedung dan metode pelaksanaannya c. Mahasiswa memahami prinsip-prinsip struktur dan konstruksi bangunan sederhana d. Mahasiswa memahami material yang digunakan dalam bangunan sederhana e. Mahasiswa memahami bagian-bagian struktur bangunan sederhana dan penulangan struktur. f. Mahasiswa memahami dan mengetahui tahapan pekerjaan persiapan pembangunan gedung dan persyaratannya g. Mahasiswa memahami dan mengetahui jenis alat yang digunakan dalam pelaksanaan pembangunan gedung sederhana. h. Mahasiswa memahami bagian-bagian instalasi dalam bangunan sederhana i. Mahasiswa memahami dan mengetahui proses dan material finishing bangunan gedung j. Mahasiswa memahami perhitungan anggaran biaya pelaksanaan pembangunan gedung. |
Bahan Kajian | Struktur dan konstruksi bangunan sederhana dan klasifikasi bangunan, elemen-elemen bangunan, beban-beban, serta metode pelaksanaannya |
Nama | Praktikum Ilmu Ukur Tanah |
Kode | TSP619108 |
Jumlah SKS | 1 |
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah | a. Mahasiswa memahami bagaimana mengoperasikan alat ukur seperti Waterpass Theodolit dan Total Station b. Mahasiswa mengetahui dan memahami bagaimana mengukur arah memanjang, melintang, dan pulang pergi c. Mahasiswa mengetahui dan memahami bagaimana mengukur titik kontur dan titik detail dan membuat kontur dengan alat Theodolit dan Total Station d. Mahasiswa mengetahui dan Memahami analisa perhitungan hasil laboratorium dan laporannya. |
Bahan Kajian | Pengukuran menggunakan alat Waterpass dan Theodolit dan Total station untuk mengukur arah memanjang, melintang, membuat poligon tertutup, dan membuat kontur serta analisa perhitungannya dalam sebuah laporan yang sistematis. |
Nama | Praktikum Gambar Teknik |
Kode | TSP619110 |
Jumlah SKS | 1 |
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah | a. Mahasiswa memahami bagaimana menggambar dasar garis dan perspektif b. Mahasiswa mengetahui dan memahami bagaimana membuat gambar denah dan tampak atau potongan dengan cara manual. c. Mahasiswa mengetahui dan memahami bagaimana menggambar detail tangga d. Mahasiswa mengetahui dan memahami bagaimana menggambar denah dan potongan dengan software e. Mahasiswa mengtahui dan menggambar bagaimana menggambar detai kuda-kuda dengan software f. Mahasiswa mengetahui dan menggambar bagaimana menggambar 3Dimensi dengan software g. Mahasiswa mengetahui dan memahami pelaporan tugas yang sistematis. |
Bahan Kajian | Cara membuat garis dan perspektif, Gambar tampak dan denah, gambar detail tangga, menggambar potongan dan denah dnegan software, menggambar detail kuda-kuda dengan software, menggambar 3D dengan software, dan pelaporan tugas dalam sebuah laporan yang sistematis. |