Nama | Dinamika Struktur |
Kode | TSP619413 |
Jumlah SKS | 2 |
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah | a. Memahami Pengenalan Beban Dinamis b. Memahami Analisa Beban Dinamis c. Memahami Single Degree of Freedom System d. Memahami Multy Degree of Freedom System e. Memahami Frekuensi Alami dan Ragam Getaran |
Bahan Kajian | Pengertian dasar masalah dinamis, hukum kekaelan energi dan momentum, pergerkan pada bidang datar, respon beban dinamis akibat beban sederhana, aplikasi permasalahan Teknik Sipil. |
Nama | Metode Elemen Hingga |
Kode | TSP619406 |
Jumlah SKS | 2 |
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah | Mahasiswa memahami dan mengerti Metode Elemen Hingga serta pengaplikasiannya dalam bidang Teknik Sipil |
Bahan Kajian | Aplikasi dari suatu metode numerik dengan tujuan memperoleh pemecahan pendekatan dari suatu persamaan diferensial biasa dan diferensial parsial |
Nama | Teknik Lalu Lintas Lanjut |
Kode | TSP619419 |
Jumlah SKS | 2 |
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah | a. Mahasiswa memahami tentang Arus lalu lintas: konsep-konsep dasar, latar belakang, tujuan, ruang lingkup serta unsur pembentuknya. b. Mahasiswa memahami Karakteristik arus lalu lintas menerus (arus di ruas jalan): volume, waktu, kecepatan, kepadatan, headway, dan spacing. c. Mahasiswa memahami dan mengimplementasikan teori tentang Hubungan antara parameter karakteristik arus lalu lintas: kecepatan-kepadatan-volume, kecepatan-kepadatan, kecepatan-volume, kepadatan-volume, volume-headway, dan kepadatan-spacing. d. Mahasiswa memahami teori tentang kapasitas, kinerja ruas jalan, tingkat pelayanan, serta jenis-jenis hambatan yang mempengaruhi kapasitas. e. Mahasiswa memahami teori tentang Arus lalu lintas terganggu/tidak menerus (arus di simpang): volume, konflik pergerakan, konsep pengaturan simpang jalan (bersinyal, tak bersinyal, bundaran), dan analisa pengaturan simpang bersinyal. f. Mahasiswa memahami teori tentang Konsep Manajemen Lalu Lintas (Optimasi pasokan dan pengendalian kebutuhan) g. Mahasiswa memahami Peraturan dan Keselamatan Lalu Lintas |
Bahan Kajian | a. Arus lalu lintas: konsep-konsep dasar, latar belakang, tujuan, ruang lingkup serta unsur pembentuknya. b. Karakteristik arus lalu lintas menerus (arus di ruas jalan): volume, waktu, kecepatan, kepadatan, headway, dan spacing. c. Hubungan antara parameter karakteristik arus lalu lintas: kecepatan-kepadatan-volume, kecepatan-kepadatan, kecepatan-volume, kepadatan-volume, volume-headway, dan kepadatan-spacing. d. Kapasitas, kinerja ruas jalan, tingkat pelayanan, serta jenis-jenis hambatan yang mempengaruhi kapasitas. e. Arus lalu lintas terganggu/tidak menerus (arus di simpang): volume, konflik pergerakan, konsep pengaturan simpang jalan (bersinyal, tak bersinyal, bundaran), dan analisa pengaturan simpang bersinyal. f. Konsep Manajemen Lalu Lintas (Optimasi pasokan dan pengendalian kebutuhan) g. Peraturan dan Keselamatan Lalu Lintas |
Nama | Manajemen Proyek |
Kode | TSP619418 |
Jumlah SKS | 2 |
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah | a. Manajemen Proyek Aspek-aspekdalam manajemen proyek b. Karakteristik, siklus proyek, Organisasi proyek c. Kontrak pada proyek, Manajemen sumberdaya d. Manajemen sumberdaya-Lingkungan, dan manajemen risiko e. Perencanaan Proyek dan tahapan konseptual proyek f. Pengadaan/Pelelangan proyek g. Penjadwalan proyek h. Kinerja biaya-waktu i. Pengendalian proyek j. Mengatasi keterlambatan proyek |
Bahan Kajian | Mata kuliah ini bertujuan membekali mahasiswa tentang berbagai wawasan konsep dasar Manajemen Proyek yang dijabarkan dalam materi Perencanaan, perancangan, pengorganisasian, pengendalian dan pengawasan proyek infrastruktur. |
Nama | Teknologi Bambu dan Kayu |
Kode | TSP619408 |
Jumlah SKS | 2 |
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah | a. Mahasiswa memahami dan mengetahui tentang Bambu dan kayu sebagai bahan struktur b. Mahasiswa memahamidan mengetahui tentang macam-macam teknologi bambu dan kayu dalam konstruksi c. Mahasiswa memahamidan mengetahui tentang analisa dari teknologi kayu dan bamboo d. Mahasiswa memahami dan mengetahui tentang teknologi alat sambung dari bambu dan kayu e. Mahasiswa memahami dan mengetahui tentang bedah review jurnal mengenai teknologi bambu dan kayu |
Bahan Kajian | Tinjauan tentang teknologi dari bambu dan kayu terhadap bidang teknik sipil, dalam hal ini bidang konstruksi, baik untuk struktur utama ataupun pada alat sambung. |
Nama | Dinamika Tanah |
Kode | TSP619414 |
Jumlah SKS | 2 |
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah | a.Memahami dan mengerti cakupanrekayasa gempa. b. Memahami danmengerti konsepdasar tentang terjadinya gempa. c. Memahami dan mengerti pengaruh gempaterhadap desain bangunan teknik sipil. d. Memahami dan mengerti penentuan sumber gempa, teori patahan lempeng tektonik, gelombang gempa dan perambatannya, magnitude gempa. e. Memiliki pemahaman dan pengertian konsep focal mechanism dan stereonet. f. Memahami dan mengerti definisi fungsi atenuasi, kegunaan, formulasi dan jenis fungsi atenuasi. g. Memahami dan mengerti konsep penentuan percepatan maksimum gempa di batuan dengan metode Gumbel (point Source). h. Memahami dan mengerti konsep terlampauinya umur bangunan periode ulang gempa. i. Memahami dan mengerti definisi parameter dinamis tanah, peranannya serta penentuan nilainya. j. Memahami dan mengerti cara penentuan parameter dinamis tanah dari lapangan dan laboratorium. k.Memahami peranan parameter dinamis kecepatan gelombang geser tanah dalam desain bangunan tahan gempa. l. Memahami dan mengerti perambatan gelombang gempa dari batuan dasar ke permukaan. m. Memahami dan mengerti konsep amplifikasi percepatan gempa dari batuan dasar ke permukaan akibat pengaruh kondisi tanah setempat. n. Memahami dan mengerti konsep dasar mekanika vibrasi, system berderajat kebebasan tunggal dan pembuatan respon spectra. o. Memahami dan mengerti konsep likuifaksi pada tanah, latar belakang, perhitungan dan penanggulangan likuifaksi. p. Memahami dan mengerti perhitungan stabilitas dinding penahan tanah saat gempa. |
Bahan Kajian | Tinjauan tentang pengetahuan dasar gempa, mekanika vibrasi, fungsi atenuasi, parameter seismic hazard, analisis seismic hazard, parameter dinamik tanah, fenomena likuifaksi dan respon dinding penahan tanah terhadap gempa. |
Nama | Beton Pracetak dan Prategang |
Kode | TSP619415 |
Jumlah SKS | 2 |
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah | a. Mahasiswa memahami tentang proses pembuatan beton pracetak b. Mahasiswa memahamitentang alasan dan keuntungan serta kekurangan beton pracetak dan prategang c. Mahasiswa memahami tentang proses moulding, demoulding, handling dan erection d. Mahasiswa memahami tentang konsep desain system prategang e. Mahasiswa memahami tentang proses prategang metode post tension f. Mahasiswa memahami tentang proses prategang metode pre tension g. Mahasiswa memahami tentang penyebab terjadinya LOP |
Bahan Kajian | Sifat-sifat dasar system pracetak dan prategang, proses pencetakan, pembongkaran, handling, transport dan erection di lapangan. Untuk beton prategang dipelajari pula system penarikan kabel tendon dengan metode post tension dan pre tension sampai hal-hal yang mengakibatkan suatu system prategang mengalami Loss of Prestress (LOP). |
Nama | Waduk dan Tenaga Air |
Kode | TSP619424 |
Jumlah SKS | 2 |
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah | a. Memahami dan memiliki kemampuan dalam menterjemahkan pengertian waduk dan tenaga air b. Memahami dan memiliki kemampuan dalam menterjemahkan potensi pengembangan tenaga air pada Daerah Aliran Sungai c. Memahami dan memiliki kemampuan dalam menterjemahkan karakteristik waduk d. Memahami dan memiliki kemampuan dalam menterjemahkan penelusuran debit aliran di sungai e. Memahami dan memiliki kemampuan dalam menterjemahkan penelusuran debit aliran di waduk f. Memahami dan memiliki kemampuan dalam menterjemahkan pengetahuan tentang standard operating rule g. Memahami dan memiliki kemampuan dalam menterjemahkan simulasi aturan operasi waduk sederhana h. Memahami dan memiliki kemampuan dalam menterjemahkan simulasi operasi waduk PLTA |
Bahan Kajian | Pengantar bendungan: pengertian, fungsi dan manfaat bendungan. Bangunan tenaga air dan PLTA. Sistem kelistrikan. Pembagian tipe bendungan; bendungan urugan, bendungan beton. Penelitian dan penyelidikan; pemetaan dan topografi, meteorologi, hidrologi, penelitian dan penyelidikan tanah, penelitian dan penyelidikan geologi, pengujian penimbunan, dan ekologi. Perencanaan bendungan. Pondasi bendungan. Bangunan pelengkap. Mikrohidro. |
Nama | Manajemen Lalu lintas |
Kode | TSP619417 |
Jumlah SKS | 2 |
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah | Mahasiswa memahami konsep manajemen lalulintas tanpa penambahan infrastruktur jalan untuk meningkatkan kapasitas jalan, keselamatan lalulintas dan meminimalkan dampak lingkungan |
Bahan Kajian | penerapan strategi Manajemen Lalu Lintas dan problematikanya, pengaturan arus, bus priority, parkir, rambu, marka, fasilitas sepeda dan pejalan kaki, koordinasi simpang, aspek lingkungan dalam Manajemen Lalu Lintas, keselamatan lalu lintas. |
Perencanaan dan Pemodelan Transportasi
Nama | Penencanaan dan Pemodelan Transportasi |
Kode | TSP619410 |
Jumlah SKS | 2 |
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah | Mahasiswa memiliki keahlian ilmiah dalam memecahkan permasalahan terkait isu-isu kontemporer perencanaan dan permodelan tranportasi dan memiliki kemampuan untuk mendesain, maupun menganalisis dan mengintrepretasi data. |
Bahan Kajian | Ilmu tranportasi dalam hal perencanaan dan permodelan transportasi dimana pada mata kuliah ini mahasiswa Mahasiswa mempelajari konsep perencanaan transportasi dan pemodelan sistem secara umum dan model perencanaan transportasi 4 tahap secara rinci. , dan mampu melakukan simulasi (dengan bantuan paket program) dalam proses peramalan pergerakan arus lalu lintas jika terjadi beberapa perubahan pada sistem transportasi. |
Nama | Metode Pelaksanaan Konstruksi |
Kode | TSP619425 |
Jumlah SKS | 2 |
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah | a. Mahasiswa memahami dan memiliki kemampuan dalam menjelaskan Rencana Kerja Pelaksanaan dan Penentuan Posisi Bangunan b. Mahasiswa memahami dan memiliki kemampuan dalam merencanakan Metode Pelaksanaan Pemadatan, Stabilisasi, dan tanggul c. Mahasiswa memahami dan memiliki kemampuan dalam merencanakan Metode Pelaksanaan Konstruksi Beton d. Mahasiswa memahami dan memiliki kemampuan dalam merencanakan Metode Pelaksanaan Fondasi Tiang Pancang proyek konstruksi e. Mahasiswa memahami dan memiliki kemampuan dalam merencanakan Metode Pelaksanaan Konstruksi gedung bertingkat banyak f. Mahasiswa memahami dan memiliki kemampuan dalam merencanakan Metode Pelaksanaan Grouting dan Dewatering g. Mahasiswa memahami dan memiliki kemampuan dalam merencanakan Metode Pelaksanaan Terowongan h. Mahasiswa memahami dan memiliki kemampuan dalam merencanakan Metode Pemasangan Pipa beton besar air baku i. Mahasiswa memahami dan memiliki kemampuan dalam merencanakan Metode Pelaksanaan Jalan Layang Kereta Api j. Mahasiswa memahami dan memiliki kemampuan dalam merencanakan Metode Pelaksanaan Konstruksi Proyek Jalan k. Mahasiswa memahami dan memiliki kemampuan dalam merencanakan Metode Pelaksanaan konstruksi Jembatan l. Mahasiswa memahami dan memiliki kemampuan dalam merencanakan Metode Pelaksanaan Bangunan Pelabuhan. |
Bahan Kajian | a. Konfigurasi Alat Berat Penunjang Pelaksanaan Pekerjaan tanah, Pemadatan, Stabilisasi dan Tanggul b. Rencana Kerja Pelaksanaan dan Penentuan Posisi Bangunan c. Metode Pelaksanaan Konstruksi Beton, dan pembangunan bertingkat banya d..Metode Pelaksanaan Fondasi, Grouting dan Terowonga e. Metode Pelaksanaan Konstruksi Jalan dan Jembatan |
Nama | Perbaikan Tanah |
Kode | TSP619416 |
Jumlah SKS | 2 |
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah | a. Memahami dan mengerti berbagai tipe perbaikan tanah dan contoh-contoh proyek perbaikan tanah di Indonesia. b. Memahami dan mengerti penerapan ilmu tentang perbaikan tanah dengan cara gilasan, tumbukan dan gilasan. c. Memahami dan mengerti penerapan ilmu tentang perbaikan tanah dengan perkuatan yaitu cara system cerucuk dan system tikar. d. Memahami dan mengerti penerapan ilmu tentang perbaikan tanah dengan konstruksi beton yaitu cara sistem cakar ayam, system box. e. Memahami dan mengerti penerapan ilmu tentang perbaikan tanah dengan konstruksi baja yaitu system angkur tegak dan miring. f. Memahami dan mengerti penerapan ilmu tentang perbaikan tanah dengan serat sintetis yaitu menggunakan geotextile dan geogrid. g. Memahami dan mengerti penerapan ilmu tentang perbaikan tanah secara hidrolis yaitu cara pemompaan dan pembebanan saja. h. Memahami dan mengerti penerapan ilmu tentang perbaikan tanah dengan PVD (Prefebricated Vertical Drain). i. Memahami dan mengerti penerapan ilmu tentang perbaiakan tanah dengan cara kompaksi. j. Memahami dan mengerti penerapan ilmu tentang perbaikan tanah dengan penambahan bahan additive. k. Memahami dan mengerti penerapan ilmu tentang perbaikan tanah dengan penambahan bahan kimia komersil. |
Bahan Kajian | Maksud dan tujuan adanya perbaikan tanah, macam-macam metoda perbaikan tanah secara mekanis, dengan perkuatan, secara hidrolis dan penambahan bahan aditif. |
Nama | Mekanika Tanah Lanjut |
Kode | TSP619421 |
Jumlah SKS | 2 |
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah | a. Mahasiswa memahami dan mengerti penerapan ilmu tentang Stresses, strains, stress-strain relationship b. Mahasiswa memahami dan mengerti penerapan ilmu tentang Model Maxwell, Kelvin, Gibson dan Lo, dll c. Mahasiswa memahami dan mengerti penerapan ilmu tentang Seepage d. Mahasiswa memahami dan mengerti penerapan ilmu tentang Pemadatan dan CBR e. Mahasiswa memahami dan mengerti penerapan ilmu tentang Konsolidasi f. Mahasiswa memahami dan mengerti penerapan ilmu tentang Shear strength test: unconfined, triaxial UU, CU, CD, direct shear, stress vs strain. g. Mahasiswa memahami dan mengerti penerapan ilmu tentang Concepts of shear strength, drained and undrained shear strength, stress path. h. Mahasiswa memahami dan mengerti penerapan ilmu tentang sda (continued), concepts of critical state of soil mechanics i. Mahasiswa memahami dan mengerti penerapan ilmu tentang Concepts of slope stability analysis, short and long term stability, loading (embankment) dan unloading (cut) j. Mahasiswa memahami dan mengerti penerapan ilmu tentang Metode analisisseperti Bishop, Ordinary, Janbu, Morgenstern dan Price. k. Mahasiswa memahami dan mengerti penerapan ilmu tentang Elastic (linear and non-linear), elastoplastic, camclay dan modified camclay. |
Bahan Kajian | Review continuum mechanics, model rheologi, aliran air dalam media porous, kompaksi tanah, kuat geser tanah, stabilitas lereng, pemodelan tanah |
Nama | Perencanaan Angkutan Umum |
Kode | TSP619412 |
Jumlah SKS | 2 |
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah | a. Jenis kendaraan angkutan umum, b. Pengelompokan moda angkutan umum perkotaan, c. Permasalahan angkutan perkotaan, d. Peran angkutan umum dalam transportasi perkotaan, e. Karakteristik dasar dalam operasional dan pelayanan moda-moda angkutan umum, f. Sistem rute dan jaringan rute angkutan umum, g. Metoda penentuan jenis moda angkutan umum, h. Masalah penjadwalan angkutan umum, i. Perencanaan perkembangan jaringan rute angkutan umum, j. Analisis pentarifan, k. Aspek operasional angkutan umum. |
Bahan Kajian | Jenis kendaraan angkutan umum, Pengelompokan mode angkutan umum perkotaan, Permasalahan angkutan perkotaan, Peran angkutan umum dalam transportasi perkotaan, Karakteristik dasar dalam operasional dan pelayanan moda-moda angkutan umum, Sistem rute dan jaringan rute angkutan umum, Metoda penentuan jenis moda angkutan umum, Masalah penjadwalan angkutan umum, Perencanaan perkembangan jaringan rute angkutan umum, Analisis pentarifan, Aspek operasional angkutan umum. |
Nama | Teknik Sungai |
Kode | TSP619429 |
Jumlah SKS | 2 |
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah | a.Mahasiswa memahami dan mengetahi tentang daerah aliran sungai b. Mahasiswa memahamidan mengetahi tentang karakteristik DAS dan sistem sungai c. Mahasiswa memahamidan mengetahi tentang aliran sungai d. Mahasiswa memahami dan mengetahi tentang Model deterministic dan stokastik e. Mahasiswa memahami dan mengetahi tentang aliran steady flow f. Mahasiswa memahamidan mengetahi tentang aliran unsteady flow g. Mahasiswa memahamidan mengetahi tentang awal gerak butiran h. Mahasiswa memahami dan mengetahi tentang erosi DAS i. Mahasiswa memahami dan mengetahi tentang pengukuran debit sungai j. Mahasiswa memahami dan mengetahi tentang perilaku sungai k. Mahasiswa memahami dan mampu mengaplikasikan software HEC-RAS |
Bahan Kajian | Pengertian, morfologi dan karakteristik sungai, dan arah aliran sungai. Hidrolika sungai, pengendalian aliran di sungai, bangunan pengaturan sungai. Pengelolaan dan pemeliharaan sungai. Prinsip dasar rekayasa sungai. Pengantar aplikasi HEC-RAS. |
Nama | Hidrolika Lanjut |
Kode | TSP619422 |
Jumlah SKS | 2 |
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah | a. Memahami dan memiliki kemampuan dalam menterjemahkan ilmu hidrologi b. Memahami dan memiliki kemampuan dalam menterjemahkan siklus/ daur hidrologi c. Memahami dan memiliki kemampuan dalam menterjemahkan karakteristik sungai dan daerah aliran sungai (DAS) d. Memahami dan memiliki kemampuan dalam menterjemahkan hujan/ presipitasi sebagai masukan dalam sistem daerah aliran sungai (DAS) e.Memahami dan memiliki kemampuan dalam menterjemahkan evaporasi dan evapotranspirasi barkaitan dengan ketersediaan air permukaan f. Memahami dan memiliki kemampuan dalam menterjemahkan infiltrasi sebagai aliran air yang memberikan imbuhan terhadap interflow serta hidrometri tentang debit aliran di sungai g. Memahami dan memiliki kemampuan dalam menterjemahkan analisis frekuensi dalam memperoleh besaran kejadian banjir dalam perencanaan bangunan-bangunan air h. Memahami dan memiliki kemampuan dalam menterjemahkan analisis frekuensi dalam memperoleh besaran kejadian banjir i. Memahami dan memiliki kemampuan dalam menterjemahkan hasil analisis frekuensi ke dalam bentuk hidrograf banjir rencana j. Memahami dan memiliki kemampuan dalam mengaplikasikan analisis hujan rencana dalam perencanaan bangunan-bangunan air k. Memahami dan memiliki kemampuan dalam mengaplikasikan pengembangan sumber daya air |
Bahan Kajian | Ilmu hidrologi, siklus hidrologi, karakteristik sungai dan daerah aliran sungai (DAS), hujan/ presipitasi sebagai masukan dalam sistem daerah aliran sungai (DAS), evaporasi dan evapotranspirasi barkaitan dengan ketersediaan air permukaan, infiltrasi sebagai aliran air yang memberikan imbuhan terhadap interflow serta hidrometri tentang debit aliran di sungai, analisis frekuensi dalam memperoleh besaran kejadian banjir dalam perencanaan bangunan-bangunan air, analisis frekuensi ke dalam bentuk hidrograf banjir rencana, analisis hujan rencana dalam perencanaan bangunan-bangunan air, dan aplikasi pengembangan sumber daya air |
Nama | Infrastruktur Kota Industri |
Kode | TSP619427 |
Jumlah SKS | 2 |
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah | a. Memahami bidang-bidang pekerjaan teknik sipil dan tugas-tugasnya b. Memahami tahapan pembangunan gedung dan metode pelaksanaannya c. Memahami prinsip-prinsip struktur dan konstruksi bangunan sederhana d. Memahami material yang digunakan dalam bangunan sederhana e. Memahami bagian-bagian struktur bangunan sederhana dan penulangan struktur. f. Memahami dan mengetahui tahapan pekerjaan persiapan pembangunan gedung dan persyaratannya g. Memahami dan mengetahui jenis alat yang digunakan dalam pelaksanaan pembangunan gedung sederhana. h. Memahami bagian-bagian instalasi dalam bangunan sederhana i. Memahami dan mengetahui proses dan material finishing bangunan gedung j. Memahami perhitungan anggaran biaya pelaksanaan pembangunan gedung |
Bahan Kajian | Pemahaman tentang Infrastruktur sebuah kota kawasan industri, faktor-faktor pembentuk dan pendukungnya, perkembangan infrastruktur berserta problematika yang dihadapi. |
Nama | Rekayasa Pondasi Lanjut |
Kode | TSP619423 |
Jumlah SKS | 2 |
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah | a. Mahasiswa memahami pengenalan Interpretasi hasil-hasil penyelidikan tanah laboratorium dan Lapangan b. Mahasiswa memahami mengenai analisa dan desain pondasi berdasarkan data tanah Laboratorium dan Lapangan c. Mahasiswa memahami mengenai metode analisis Daya dukung pondasi Rakit dan Basement d. Mahasiswa memahami mengenai metode analisis Daya dukung pondasi kasus khusus (sarang laba-laba) e. Mahasiswa memahami tentang penurunan pondasi elastis dan konsolidasi pondasi tiang kelompok f. Mahasiswa memahami tentang kriteria keamanan pondasi terhadap gaya lateral g. Mahasiswa memahami dan mengetahui Analisis pondasi dengan beban siklik (pondasi Mesin) h. Mahasiswa memahami tentang Konsep Analisis pondasi dengan beban gempa |
Bahan Kajian | Perencanaan berbagai jenis pondasi berdasarkan hasil penyelidikan lapangan dan laboratorium untuk berbagai jenis struktur dan jenis tanah |
Nama | Ekonomi Teknik |
Kode | TSP619420 |
Jumlah SKS | 2 |
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah | a.Memahami dan mengerti tentang konsep dasar, teori, rumus dan teknik-teknik analisis ekonomi suatu investasi. b. Memahami dan mengerti konsep ekonomi dan biaya c. Memahami dan mengerti penerapan ilmu tentang pembuatan keputusan ekonomi dari beberapa alternative d. Memahami dan mengerti rumus bunga e. Memahami dan mengerti analisis ekonomi yang terkait dengan faktor depresiasi f. Memahami dan mengerti analisis ekonomi yang terkait dengan faktor pajak. g. Memahami dan mengerti analisis ekonomi yang terkait dengan faktor resiko dan kondisi tidak pasti (uncertainly) h. Memahami perhitungan-perhitungan ekonomi teknik dalam bidang teknik sipil. |
Bahan Kajian | analisis ekonomi untuk pekerjaan teknik dengan kriteria efisiensi ekonomi agar menghasilkan keputusan yang baik secara ekonomi |
Nama | Transpor Sedimen |
Kode | TSP619431 |
Jumlah SKS | 2 |
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah | a. Mahasiswa memahami dan mengetahui tentang manfaat air di sungai b. Mahasiswa memahamidan mengetahui tentang tampungan mati, efektif dan banjir c. Mahasiswa memahamidan mengetahui tentang material saluran (sedimen) d. Mahasiswa memahami dan mengetahui tentang penlusuran debit sedimen e. Mahasiswa memahami dan mengetahui tentang simulasi tampungan waduk dan rule curve f. Mahasiswa memahami dan mengetahui tentang SOP waduk |
Bahan Kajian | Manfaat air di sungai, manfaat air di sungai, material saluran (sedimen), simulasi tampungan waduk, rule curve, serta SOP waduk |