Notice: Fungsi _load_textdomain_just_in_time ditulis secara tidak benar. Pemuatan terjemahan untuk domain astra dipicu terlalu dini. Ini biasanya merupakan indikator bahwa ada beberapa kode di plugin atau tema yang dieksekusi terlalu dini. Terjemahan harus dimuat pada tindakan init atau setelahnya. Silakan lihat Debugging di WordPress untuk informasi lebih lanjut. (Pesan ini ditambahkan pada versi 6.7.0.) in /home/sipil11982/domains/tekniksipil.untirta.ac.id/public_html/wp-includes/functions.php on line 6114
Kurikulum 2022 – Teknik Sipil | Untirta

Kurikulum 2022

1. Visi, misi, tujuan, dan sasaran Fakultas Teknik

VISI

Menjadikan Fakultas Teknik Untirta Maju, Bermutu dan Berkarakter berbasis Pengembangan Riset bagi Aplikasi Teknologi pada Industri dan Masyarakat menuju Akreditasi Internasional pada tahun 2025.

MISI

  1. Meningkatkan peran Fakultas Teknik Untirta sebagai pusat rujukan pengembangan riset yang berbasis industri baja.
  2. Menyelenggarakan pendidikan bermutu menuju standar ABET untuk menghasilkan lulusan unggul dan berkarakter.
  3. Menyelenggarakan riset aplikatif untuk industri dan masyarakat.
  4. Membangun kerjasama yang luas dengan industri, instansi, dan pemangku kepentingan lainnya.

TUJUAN

  1. Memiliki pusat unggulan dalam pengembangan riset industri baja.
  2. Menghasilkan sarjana yg profesional, kompetitif, dan siap bekerja di bidangnya.
  3. Meningkatkan kapasitas sumber daya yang mampu memberikan manfaat sebesar-besarnya.
  4. Menghasilkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dapat diaplikasikan pada industri dan masyarakat.
  5. Menghasilkan program kerjasama bagi peningkatan kesejahteraan dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa.

SASARAN

  1. Terbentuknya pusat kajian ilmiah yang mendukung pengembangan inovasi teknologi industri baja.
  2. Terselenggaranya pertemuan ilmiah sivitas akademika dengan praktisi industri baja.
  3. Tersedianya kurikulum yang berorientasi ABET.
  4. Meningkatnya jumlah jurusan yang terakreditasi BAN PT minimal B.
  5. Tersedianya tenaga pendidik yang bermutu dan berkarakter.
  6. Terselenggaranya proses pembelajaran yang bermutu.
  7. Terbentuknya unit bagi pelaksanaan Tracer study.
  8. Tersedianya SDM pendukung yang professional.
  9. Meningkatnya mutu tata kelola fakultas.
  10. Tersedianya infrastruktur yang memadai.
  11. Tersediannya fasilitas laboratorium yang sesuai dengan standar industri.
  12. Tersedianya perpustakaan yang memadai.
  13. Meningkatnya layanan ICT yang handal.
  14. Terciptanya penelitian bermutu yang dapat diaplikasikan pada industri dan masyarakat.
  15. Terselenggaranya pengabdian kepada masyarakat yang bermutu.
  16. Meningkatnya jumlah publikasi nasional dan internasional.
  17. Meningkatnya HAKI.
  18. Meningkatkan jumlah kerjasama lokal, nasional, dan internasional.
  19. Meningkatnya kesejahteraan dosen dan tenaga kependidikan.

2. Visi, misi, tujuan, dan sasaran Jurusan Teknik Sipil

VISI

Menjadi Pusat Acuan Keilmuan, Penelitian, dan Pengembangan Infrastruktur Industri Dalam Bidang Teknik Sipil yang Smart dan Green di Tingkat Nasional Pada Tahun 2030

MISI

  1. Meningkatkan Kualitas, mutu dan daya saing pendidikan Teknik Sipil berdasarkan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).
  2. Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian serta pengabdian kepada masyarakat dalam bidang Teknik Sipil yang berbasis pengembangan riset infrastruktur industri yang green.
  3. Membangun kerjasama yang luas dengan industri, instansi dan stakeholder.
  4. Meningkatkan tatakelola yang baik di Jurusan Teknik Sipil Universitas Sultan Ageng Tirtayasa yang baik dan smart.

TUJUAN

  1. Menghasilkan lulusan yang berkualitas, berdaya saing, berkarakter, memiliki skill (hard/skill) yang memadai dan siap bekerja di bidang teknik sipil.
  2. Menghasilkan penelitian dan pengabdian pada masyarakat bidang teknik sipil yang berorientasi pada publikasi nasional dan internasional.
  3. Menghasilkan kerjasama dan kemitraan dengan stakeholder industri, instansi pemerintah, dan perguruan tinggi di provinsi Banten maupun nasional yang merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam bidang keilmuan Teknik Sipil.
  4. Meningkatkan sumber daya tenaga pendidik (dosen S3 & fungsional Lektor Kepala/GB) dalam bidang teknik sipil dan tenaga kependidikan

STRATEGI

  1. Meningkatkan penyelenggaraan kurikulum berbasis kompetensi berdasarkan KKNI.
  2. Meningkatkan pengembangan hardskill dan softskill mahasiswa.
  3. Meningkatnya predikat kelulusan mahasiswa, mempercepat lulusan mahasiswa, dan meningkatkan lulusan tepat waktu.
  4. Meningkatkan kualitas akademik dosen (Studi lanjut S3 dan pelatihan bidang akademik).
  5. Meningkatkan kuantitas dan kualitas publikasi penelitian dosen dan mahasiswa.
  6. Meningkatkan kerjasama penelitian dan pengabdian kepada masyarakat baik secara lokal, nasional, dan internasional baik dengan instansi pemerintah ataupun swasta.
  7. Meningkatkan fasilitas dan ruangan laboratorium.
  8. Meningkatkan kerjasama dengan stakeholder industri konstruksi, instansi pemerintah dan perguruan tinggi lain baik lokal, nasional, dan internasional.
  9. Mengembangkan budaya penelitian untuk menghasilkan luaran berupa publikasi/jurnal/seminar di tingkat nasional maupun internasional.
  10. Meningkatkan kualitas dan tingkat selektivitas penerimaan (Competitive rate) calon mahasiswa di berbagai jalur seleksi masuk Teknik Sipil Untirta dan mengadakan kuliah tamu, yang berasal dari alumni, para pakar, industri (perusahaan swasta) terkait dan perguruan tinggi.
  11. Mengirim (S3) dan mengirimkan tenaga kependidikan untuk mengikuti pelatihan/ workshop berkaitan dengan bidang keahliannya.

SASARAN

Sasaran Pendidikan untuk mencapai Tujuan Program Studi (1)

  1. Sekurang-kurangnya 90% mata kuliah mencapai jumlah tatap muka minimal 14 kali.
  2. Sekurang-kurangnya 50% dosen berkualifikasi minimal S-3
  3. IPK rata-rata mahasiswa > 3
  4. Masa studi rata-rata kurang dari 4,5 tahun
  5. Sekurang-kurangnya 80% lulusan mendapat pekerjaan kurang dari 3 bulan setelah lulus.

Sasaran Pendidikan untuk mencapai Tujuan Program Studi (2)

  1. Sekurang-kurangnya 30% dosen mendapatkan hibah penelitian kompetitif; 20% dosen mendapatkan hibah pengabdian masyarakat.
  2. Sekurang-kurangnya 15% dosen dengan publikasi internasional; 30% dosen dengan publikasi nasional terakreditasi.
  3. Sekurang-kurangnya 30% dosen mengikuti seminar internasional; 80% dosen mengikuti seminar nasional.

Sasaran Pendidikan untuk mencapai Tujuan Program Studi (3)

  1. Ketersediaan SOP untuk semua layanan administrasi dan akademik.
  2. Sekurang-kurangnya 90% informasi akademik terpublikasi lewat situs resmi Jurusan Teknik Sipil.

Sasaran Pendidikan untuk mencapai Tujuan Program Studi (4)

  1. 100% panduan akademik tersedia secara online.
  2. 100% ruangan kerja/laboratorium di Program Studi Teknik Sipil terkoneksi ke jaringan/internet.

Sasaran Pendidikan untuk mencapai Tujuan Program Studi (5)

  1. Sekurang-kurangnya terlaksana 3 kegiatan kerjasama dengan institusi non-akademik dan 3 kegiatan kerjasama dengan institusi akademik.

 

3. Profil dan Deskripsi Profil

Profil Lulusan Kompetensi Lulusan Deskripsi KKNI Level 6 ABET Program Outcomes
Enjinir Mampu mengidentifikasi, memformulasikan dan memecahkan masalah-masalah Teknik Sipil. Mampu melakukan penerapan ilmu pengetahuan dan atau teknologi, melalui penalaran ilmiah, dengan menggunakan pemikiran logis, kritis dan inovatif. An ability to identify, formulate, and solve engineering problems.
Mampu memahami prinsip kontruksi bangunan dari perencanaan, pembangunan, pengelolaan, hingga pemeliharaan bangunan berbasis kebencanaan secara efisien, efektif, dan tepat kualitas. Mampu melakukan penerapan ilmu pengetahuan dan atau teknologi, melalui penalaran ilmiah, dengan menggunakan pemikiran logis, kritis dan inovatif. An ability to design a system, component, or process to meet desired needs within realistic constraints such as economic, environmental, social, political, ethical, health and safety, manufacturability, and sustainability.
Mampu mengidentifikasi dan memilih material sesuai dengan standar yang berlaku Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis dalam melakukan supervisi dan evaluasi terhadap pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya.
Mampu menguasai dan menentukan metode kontruksi bangunan yang tepat untuk membuat bangunan tahan bencana. Mampu melakukan penerapan ilmu pengetahuan dan atau teknologi, melalui penalaran ilmiah, dengan menggunakan pemikiran logis, kritis dan inovatif.
Menguasai kemampuan menerapkan matematika, statistika, sains dan analisis engineering pada penyelesaian masalah bidang teknik sipil. Mampu melakukan penerapan ilmu pengetahuan dan atau teknologi, melalui penalaran ilmiah, dengan menggunakan pemikiran logis, kritis dan inovatif. An ability to apply knowledge of mathematics, science, and engineering.
Quality Control Mampu melakukan pemeriksaan kualitas material sesuai rencana mutu proyek, memahami hasil pengujian laboratorium, laporan kalibrasi peralatan, dan melakukan monotoring dan check list dan memahami kondisi geografis sehingga bangunan tahan terhadap semua potensi kebencanaan yang ada dapat diatasi dan ditanggulangi. Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis dalam melakukan supervisi dan evaluasi terhadap pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya
Mampu membuat laporan ketidaksesuaian khususnya untuk material dan hasil pekerjaan yang tidak sesuai dengan spesifikasi yang berlaku dan dapat membuat proposal perbaikan, tindakan koreksi, dan pencegahan agar proyek berjalan tepat mutu. Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis dalam melakukan supervisi dan evaluasi terhadap pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya.
Manajer Mampu bekerjasama secara efektif baik sebagai anggota maupun pemimpin tim kerja. Mampu mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat di dalam maupun di luar institusi. An ability to function on multidisciplinary teams.
Mampu bertanggung jawab atas hasil pekerjaan sendiri, dan atau dengan kelompok sesuai dengan peran posisi dalam organisasi serta memenuhi standar mutu yang telah ditetapkan Mampu bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja institusi atau organisasi dengan mengutamakan keselamatan dan keamanan kerja
Mampu bertanggung jawab atas hasil pekerjaan sendiri, dan atau dengan kelompok sesuai dengan peran posisi dalam organisasi serta memenuhi standar mutu yang telah ditetapkan Mampu mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat di dalam maupun di luar institusi. An ability to communicate effectively.
Memiliki sikap profesional dalam melaksanakan pekerjaan serta memahami dan mematuhi segala bentuk aturan, norma dan hukum yang berlaku terkait dengan bidang pekerjaan. Mampu bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja institusi atau organisasi dengan mengutamakan keselamatan dan keamanan kerja.
Peneliti/Akademisi Mampu berkarya dengan perilaku etika sesuai profesi keteknikan. Mampu melakukan pengkajian pengetahuan dan atau teknologi di bidangnya berdasarkan kaidah keilmuan yang disusun dalam bentuk skripsi/laporan tugas akhir, atau menghasilkan karya desain/seni beserta deskripsinya berdasarkan metoda atau aidah rancangan baku An understanding of professional and ethical responsibility.
Mampu mempublikasikan hasil penelitian dalam bentuk laporan ilmiah. Mampu mempublikasikan hasil tugas akhir atau karya desain/ seni yang dapat diakses oleh masyarakat akademik.
Menguasai kemampuan merancang dan melaksanakan percobaan serta menganalisis dan menafsirkan data yang sesuai untuk penyelesaian masalah bidang teknik sipil. Mampu melakukan pengkajian pengetahuan dan atau teknologi di bidangnya berdasarkan kaidah keilmuan yang disusun dalam bentuk skripsi/laporan tugas akhir, atau menghasilkan karya desain/seni beserta deskripsinya berdasarkan metoda atau kaidah rancangan baku. An ability to design and conduct experiments, as well as to analyze and interpret data.
Mampu melibatkan diri dalam proses belajar terus menerus sepanjang hidup Mampu mengelola pembelajaran diri sendiri. A recognition of the need for, and an ability to engage in lifelong learning.

4. Capaian Pembelajaran Program Studi (Program Learning Outcomes

1. Sikap dan Tata Nilai

CP-ST1 Mampu mewujudkan sikap bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap Religius
CP-ST2 Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
CP-ST3 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
CP-ST4 Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
CP-ST5 Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
CP-ST6 Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
CP-ST7 Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
CP-ST8 Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
CP-ST9 Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
CP-ST10 Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan

2. Kemampuan di Bidang Ilmu Pengetahuan

CP-KI1 Menguasai konsep keilmuan dan memahami dasar-dasar ilmu Teknik Sipil
CP-KI2 Menguasai konsep teoritis dan memahami konsep, teori dan aplikasi teknik pekerjaan, perencanaan dan perancangan, pengelolaan dan komunikasi, serta konsultasi rekayasa konstruksi bidang Teknik Sipil.
CP-KI3 Menguasai Prinsip dan memahami pentingnya penelitian dan pengembangan terus menerus dalam disiplin ilmu Teknik Sipil
CP-KI4 Mengerti dan memahami pentingnya pembelajaran yang berlangsung tiada henti (long-life learning).

3. Kemampuan di Bidang Pekerjaan (keterampilan khusus)

CP-KP1 Menguasai metode perencanaan dan penelitian di bidang Teknik Sipil
CP-KP2 Mampu mengimplementasikan bekal pengetahuan Teknik Sipil di dunia kerja bidang rekayasa konstruksi
CP-KP3 Terampil dalam pemakaian komputer, menggunakan perangkat lunak rekayasa konstruksi dan teknologi informasi.
CP-KP4 Mampu menyesuaikan diri dengan cepat di lingkungan kerja dan dapat bekerjasama dalam kelompok (team work).

4. Kemampuan Manajerial

CP-KM1 Mampu menerapkan pengetahuan Teknik Sipil dasar ke dalam kegiatan perencanaan, perancangan, pengelolaan, pemecahan masalah di bidang ilmu Teknik Sipil.
CP-KM2 Mampu melakukan eksperimen dan analisis serta menginterpretasikan data/informasi di bidang ilmu pengetahuan dan dapat menjelaskan cara penggunaan perangkat lunak dan peralatan laboratorium untuk keperluan perencanaan, perancangan, pembangunan dan pengelolaan system di bidang ilmu Teknik Sipil.
CP-KM3 Mampu mengimplementasikan keilmuan Teknik Sipil dalam wawasan lingkungan dan menjelaskan aspek legal dan hubungannya dengan industri Teknik Sipil.
CP-KM4 Mampu menggunakan teknologi komputer, teknologi informasi, dan telekomunikasi baik hardware maupun software pada bidang keilmuan dan industri Teknik Sipil.
CP-KM5 Mampu berkomunikasi secara efektif dalam bahasa Indonesia dan Inggris dan bersosialisasi dengan kelompok bidang ilmu Teknik Sipil dan bidang ilmu lainnya serta dapat bekerja secara mandiri maupun dalam tim dengan penuh tanggung jawab serta menjunjung tinggi etika profesi.

Kualifikasi yang diperoleh oleh peserta didik, baik pengakuan resmi oleh perguruan tinggi atau oleh asosiasi profesi dan pihak lain, adalah sebagai berikut:

Setelah menyelesaikan studi dengan batas kelulusan 146 SKS, sesuai prosedur yang berlaku, maka peserta didik akan mendapat pengakuan dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa dengan gelar akademik Sarjana Teknik (S.T) dan ijazah dengan segala hak dan kewajiban yang melekat pada pemilik gelar akademik tersebut.

Scroll to Top