web analytics

Semester 3

Kalkulus 3

Nama Kalkulus III
Kode TSP619201
Jumlah SKS 2
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah a. Mahasiswa memahami konsep dan teori Operasi Baris Elementer (OBE), solusi sistem persamaan linear homogen, metode eliminasi Gauss Jordan.
b. Mahasiswa memahami konsep sistem persamaan linear (SPL) homogen dan non homogen
c. Mahasiswa memahami konsep matriks, operasi matriks.
d. Mahasiswa memahami matriks elementer dan invers matriks.
e. Mahasiswa memahami fungsi determinan, sifat-sifat determinan, operasi hitung determinan dengan OBE.
f. Mahasiswa memahami operasi hitung determinan dengan OBE dan ekspansi kofaktor, dan aturan Cramer untuk menyelesaikan sistem linear
g. Mahasiswa memahami konsep operasi vektor pada ruang 2d dan 3d secara geometri dan aritmatika, sudut diantara dua vektor.
h. Mahasiswa memahami hasil kali titik dan hasil kali silang pada operasi vektor
i. Mahasiswa memahami konsep garis dan bidang pada ruang 3d.
j. Mahasiswa memahami konsep ruang hasil kali dan proses Gram-Schmidt
k. Mahasiswa memahami konsep transformasi linear, kernel, range serta sifat-sifatnya, matriks transformasi dan kegunaannya.
l. Mahasiswa memahami konsep transformasi linear, kernel, range serta sifat-sifatnya, matriks transformasi dan kegunaannya.
m. Mahasiswa memahami konsep nilai Eigen dan vektor Eigen
Bahan Kajian Sistem persamaan linier dengan metode operasi baris elementer (OBE), metode eliminasi Gauss Jordan, dan aplikasi aljabar matriks tentang operasi dasar matriks, matriks transpose, matriks identitas, determinan matriks, kofaktor, adjoint , invers matriks, vektor (ruang 2 dan 3).

Teknologi Beton

Nama Teknologi Beton
Kode TSP619203
Jumlah SKS 2
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah a. Mahasiswa memahami tentang beton normal
b. Mahasiswa memahami tentang material penyusun beton
c. Mahasiswa memahami dan memiliki kemampuan perancangan
beton
d. Mahasiswa memahami dan memiliki kemampuan pengerjaan beton
e. Mahasiswa memahami dan memiliki kemampuan pengujian dan evaluasi beton
f. Mahasiswa memahami tentang beton khusus
g. Mahasiswa memahami dan memiliki kemampuan perancangan Beton Non Pasir (BNP)
h. Mahasiswa memahamidan memiliki kemampuan perancangan Beton Kedap Air
i. Mahasiswa memahami dan memiliki kemampuan perancangan Beton Massa
j. Mahasiswa memahami dan memiliki kemampuan perancangan Beton Serat
k.  Mahasiswa memahami dan memiliki kemampuan Perancangan Beton Ferrosemen
Bahan Kajian Mata kuliah ini menjelaskan suatu perencanaan pembuatan beton meliputi beton normal dan khusus. Beton Normal mempelajari material penyusun beton, perancangan campuran, pengerjaan beton, pengujian dan evaluasi beton.Beton khusus yang dipelajari meliputi beton non pasir (BNP), beton massa, beton serat, beton kedap air dan ferosemen. Pada kuliah ini mahasiswa harus mempelajari baik aspek material seperti teori pada ilmu bahan bangunan dan memahami jenis-jenis material. Pada mata kuliah ini mahasiswa diberikan tugas-tugas untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam.

Dasar-dasar Transportasi

Nama Dasar-dasar Transportasi
Kode TSP619205
Jumlah SKS 2
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah a. Mahasiswa memahami tentang pengenalan teknik transportasi berupa fungsi dan peranan transportasi serta keterkaitan ilmu transportasi dengan ilmu lainnya
b. Mahasiswa memahami tentang sistem jaringan dan struktur jaringan transportasi
c. Mahasiswa memahami tentang moda transportasi perkotaan serta menganalisis permasalahan transportasi perkotaan
d. Mahasiswa memahami tentang moda angkutan pedesaan serta menganalisis permasalahan transportasi perdesaan
e. Mahasiswa memahami tentang karakteristik angkutan umum
f. Mahasiswa memahami tentang tentang perencanaan transportasi
g. Mahasiswa memahami tentang perkembangan transportasi jalan dan kereta api
h. Mahasiswa memahami tentang perkembangan transportasi udara,  laut, danau, ASDP
i. Mahasiswa memahami tentang tentang transportasi unimoda, multimoda dan antarmoda
j. Mahasiswa memahami tentangtentang keselamatan transportasi
k. Mahasiswa memahami tentang pengelolan angkutan barang
l. Mahasiswa memahami tentang konsep penggunaan teknologi, regulasi dan SDM transportasi
Bahan Kajian Mata kuliah ini membahas mengenai dasar-dasar transportasi yang meliputi pengantar teknik transportasi; sistem jaringan transportasi; angkutan perkotaan; angkutan pedesaan; angkutan umum; perencanaan transportasi; transportasi jalan dan kereta api; transportasi laut, danau, ASDP; transportasi unimoda, multimoda dan antarmoda; keselamatan transportasi; angkutan barang  dan teknologi transportasi

Hidrologi

Nama Hidrologi
Kode TSP619207
Jumlah SKS 2
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah a. Memahami dan memiliki kemampuan dalam menterjemahkan ilmu hidrologi
b. Memahami dan memiliki kemampuan dalam menterjemahkan siklus/ daur hidrologi
c. Memahami dan memiliki kemampuan dalam menterjemahkan karakteristik sungai dan daerah aliran sungai (DAS)
d. Memahami dan memiliki kemampuan dalam menterjemahkan hujan/ presipitasi sebagai masukan dalam sistem daerah aliran sungai (DAS)
e. Memahami dan memiliki kemampuan dalam menterjemahkan evaporasi dan evapotranspirasi barkaitan dengan ketersediaan air permukaan
f. Memahami dan memiliki kemampuan dalam menterjemahkan infiltrasi sebagai aliran air yang memberikan imbuhan terhadap interflow serta hidrometri tentang debit aliran di sungai
g. Memahami dan memiliki kemampuan dalam menterjemahkan analisis frekuensi dalam memperoleh besaran kejadian banjir dalam perencanaan bangunan-bangunan air
h. Memahami dan memiliki kemampuan dalam menterjemahkan analisis frekuensi dalam memperoleh besaran kejadian banjir
i. Memahami dan memiliki kemampuan dalam menterjemahkan hasil analisis frekuensi ke dalam bentuk hidrograf banjir rencana
j. Memahami dan memiliki kemampuan dalam mengaplikasikan analisis hujan rencana dalam perencanaan bangunan-bangunan air
k. Memahami dan memiliki kemampuan dalam mengaplikasikan pengembangan sumber daya air
Bahan Kajian Ilmu hidrologi sebagai dasar dalam perencanaan teknik sipil di bidang keairan terutama dalam perencanaan bangunan air serta sebagai dasar pengetahuan tentang pengembangan sumber daya air dalam kaitannya dengan pengembangan suatu daerah. Pada kuliah ini mahasiswa selain mempelajari aspek teoritis diharapkan mampu menganalisa data hujan sebagai masukan dalam menentukan besaran banjir di suatu wilayah.

Mekanika Struktur 2

Nama Mekanika Struktur II
Kode TSP619209
Jumlah SKS 3
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah a. Mahasiswa menetahui dan mampu menetapkan tegangan dan regangan pada suatu penampang batang yang dibebani momen lentur, normal dan kombinasinya
b. Mahasiswa menetahui dan mampu menetapkan deformasi pada balok statis tertentu.
Bahan Kajian Sifat-sifat penampang datar, hubungan tegangan-regangan, lentur murni, lentur geser, lentur puntiran, Lende Tan pada balok, stabilitas batang tekan, analisis tegangan dan tegangan bidang

Kontruksi Bangunan 2

Nama Konstruksi Bangunan II
Kode TSP619211
Jumlah SKS 2
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah a. Mahasiswa memahami bidang-bidang pekerjaan teknik sipil dan tugas-tugasnya
b. Mahasiswa memahami tahapan pembangunan gedung dan metode pelaksanaannya
c. Mahasiswa memahami prinsip-prinsip struktur dan konstruksi bangunan gedung bertingkat
d. Mahasiswa memahami material yang digunakan dalam bangunan gedung bertingkat
e. Mahasiswa memahami bagian-bagian struktur bangunan gedung bertingkat dan penulangan struktur.
f. Mahasiswa memahami dan mengetahui tahapan pekerjaan persiapan pembangunan gedung dan persyaratannya
g. Mahasiswa memahami dan mengetahui jenis alat yang digunakan dalam pelaksanaan pembangunan gedung.
h. Mahasiswa memahami bagian-bagian instalasi MEP dalam bangunan gedung
i. Mahasiswa memahami dan mengetahui proses dan material finishing bangunan gedung
j. Mahasiswa memahami perhitungan anggaran biaya pelaksanaan pembangunan gedung
Bahan Kajian Matakuliah ini menekankan pada pemahaman tentang pengertian dasar tanah, komposisi dan klasifikasinya;pemadatan tanah; air, permeabilitas dan rembesan dalam tanah; konsep tegangan efektif, kuat geser tanah

Mekanika Tanah 1

Nama Mekanika Tanah I
Kode TSP619213
Jumlah SKS 2
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah a. Mahasiswa memahami pengenalan tanah,fase tanah, dan mineral lempung
b. Mahasiswa memahami mengenai analisis ukuran butir tanah serta sifat properties tanah
c. Mahasiswa memahami tentang pengenalan pemadatan tanah, uji, sifat serta spesifikasi pemadatan tanah di lapangan
d. Mahasiswa memahami tentang jenis alat pemadatan tanah dilapangan maupun di laboratorium disertai prosedur kerja
e. Mahasiswa memahami dan mengetahui pemadatan tanah organik dan tanah dalam, serta kembang susut tanah
f. Mahasiswa memahami tentang Air tanah (Tekanan kapiler), permeabilitas tanah (garis aliran atau flow net)
g. Mahasiswa memahami tentang uji permeabilitas laboratorium dan lapangan
h. Mahasiswa memahami tentang flow net beserta penggambarannya
i. Mahasiswa memahami tentang rembesan pada struktur bendungan beserta flow net pada bangunan tersebut
j. Mahasiswa memahami strukur tegangan efektif pada tanah
k. Mahasiswa memahami tentang kuat geser tanah, pengujian di laboratorium pada tanah pasir dan lempung.
Bahan Kajian Matakuliah ini menekankan pada pemahaman tentang pengertian dasar tanah, komposisi dan klasifikasinya;pemadatan tanah; air , permeabilitas dan rembesan dalam tanah; konsep tegangan efektif, kuat geser tanah

Mekanika Fluida dan Hidrolika

Nama Mekanika Fluida dan Hidrolika
Kode TSP619215
Jumlah SKS 2
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah Mahasiswa mampu memahami dan mengerti definisi benda padat, cair, dan gas dan semua sifat-sifatnya.
Bahan Kajian Pengertian ilmu mekanika fluida dan hidrolika. Properti fluida: properti fluida yang diperhatikan dan diabaikan, kerapatan (specific density). Statika pada fuida: tekanan titik fluida, persamaan umum variasi tekanan titik menurut ruang. Hidrostatika, gaya tekan pada bidang datar dan bidang lengkung tanpa percepatan, gaya tekan pada bidang ruang. Keseimbangan benda terapung, Hukum Archimedes, stabilitas benda terendam dan terapung. Kinematika zat cair, macam aliran, garis arus dan tabung arus, percepatan partikel zat cair, debit aliran dan persamaan kontinuitas. Persamaan Bernoulli. Persamaan momentum. Aliran melalui lubang dan peluap. Aliran zat cair riil. Aliran melalui pipa. Aliran mantap melalui saluran terbuka. Hidrolika saluran terbuka.

Praktikum Ilmu Bahan

Nama Praktikum Ilmu bahan
Kode TSP619217
Jumlah SKS 1
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah a. Mahasiswa memahami bagaimana pengujian bahan-bahan untuk membuat campuran beton
b. Mahasiswa memahami bagaimana membuat benda uji campuran Beton skala laboratorium
c. Mahasiswa memahami bagaimana pengujian kekuatan Beton yaitu uji tekan dan lentur
d. Mahasiswa mengetahui dan memahami ystem perhitungan hasil laboratorium dan laporannya.
Bahan Kajian Pembuatan dan pengujian bahan-bahan untuk persyaratan pembuatan beton, perencanaan dan pembuatan sampel beton skala laboratorium, pengujian kekuatan beton tekan dan lentur, dan ystem perhitungannya dalam sebuah laporan yang sistematis.

Praktikum Hidrolika

Nama Praktikum Hidrolika
Kode TSP619219
Jumlah SKS 1
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah a. Mahasiswa memahami bagaimana Pemeliharaan alat Laboratorium Hidrolika
b. Mahasiswa mengetahui dan memahami bagaimana menentukan jenis-jenis aliran
c. Mahasiswa mengetahui dan memahami bagaimana menentukan kecepatan aliran, mengukur debit saluran terbuka
d. Mahasiswa mengetahui dan memahami bagaimana menentukan kehilangan energi dan daya pompa
e. Mahasiswa mengetahui dan memahami bagaimana konsep kerja peluap dan ambang
f. Mahasiswa mengetahui dan memahami bagaimana perbedaan tekanan, kemilirangan saluran dan panjang backwater
g. Mahasiswa mengetahui dan memahami bagaimana konsep air loncat
h. Mahasiswa mengetahui dan Memahami bagaimana pemodelan sungai
i. Mahasiswa mengetahui dan Memahami analisa perhitungan hasil laboratorium dan laporannya.
Bahan Kajian Penerapan konsep Hidrolika di labpratorium seperti Jenis aliran,menghitung kecepatan aliran, kehilangan energi, daya pompa, debit aliran, konsep peluap segitiga, menghitung tekanan air, kemiringan saluran dan backwater, kondisi air loncat, pemodelan sungai dan analisa perhitungannya dalam sebuah laporan yang sistematis.

Ketahanan Pangan

Nama Ketahanan Pangan
Kode TEK619302
Jumlah SKS 2
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan kembali konsep ketahanan pangan berdasarkan undang-undang atau peraturan yang berlaku, faktor-faktor yang mempengaruhi ketahanan pangan, upaya pencapaian ketahanan pangan serta memiliki keahlian dalam menilai kerawanan dan ketahanan pangan tingkat rumah tangga dan masyarakat.
Bahan Kajian Konsep ketahanan pangan berdasarkan undang-undang atau peraturan yang berlaku, faktor-faktor yang mempengaruhi ketahanan pangan, upaya pencapaian ketahanan pangan. Analisis kerawanan dan ketahanan pangan tingkat rumah tangga/masyarakat dan wilayah
Scroll to Top