Nama | Pendidikan Agama I |
Kode | UNI619101 |
Jumlah SKS | 2 |
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah | Mengembangkan pola pikir dan prilaku mahasiswa yang berlandaskan ajaran agama Islam, sehingga mereka mampu menganalisis dan mengaplikasikannya, serta mencari solusi dalam berbagai permasalahan yang berkaitan dengan keberagaman agama, budaya, dan perkembangan Iptek. |
Bahan Kajian | 1. Manusia, Makna dan Sejarah Agama Islam 2. Pokok-Pokok Ajaran Agama Islam 3. Dimensi Sosial Ajaran Islam 4. Agama Islam, Budaya, Seni, Filsafat dan Iptek |
Nama | Pendidikan Pancasila |
Kode | UNI619103 |
Jumlah SKS | 2 |
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah | Mahasiswa mampu memahami dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari sebagai warga negara. |
Bahan Kajian | Landasan dan tujuan pendidikan Pancasila, Internalisasi sejarah perjuangan bangsa Indonesia, sistem hukum nasional dan ketatanegaraan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, dinamika pelaksanaan UUD 1945, Pancasila sebagai sistem filsafat, sistem etika, dan Pancasila sebagai Ideologi, Pancasia sebagai paradigma kehidupan dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara; aktualisasi pancasila dalam kehidupan sehari-hari. |
Nama | Bahasa Inggris |
Kode | UNI619108 |
Jumlah SKS | 2 |
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah | Mahasiswa memahami istilah-istilah teknis dalam bidang teknik sipil serta mampu mengaplikasikan istilah-istilah tersebut dengan tepat secara kontekstual dalam komunikasi menggunakan bahasa Inggris, baik dalam bentuk lisan maupun tulisan dengan tata bahasa baku untuk penulisan/presentasi formal. |
Bahan Kajian | Language Learning Skills, Vocabulary Building (Learning to expand vocabulary, Reviewing compound sentence), Reading skills (Learning various reading strategies, Reading a paragraph, Learning textual cohesive devices, Learning the importance of extensive reading, Learning to read critically, Learning to read a newspaper efficiently and effectively, etc), Structure (Reviewing basic grammar, Reviewing complex sentences, ); speaking skills (learning to participate in a discussion, etc); Listening skills (Listening to short conversations, Learning to listen to news broadcasts, etc), Writing skills (Learning to write a basic academic paragraph, Writing a summary, etc), speaking skills (Learning to give an effective presentation, Learning to give a formal presentation). |
Nama | Kalkulus I |
Kode | TEK619101 |
Jumlah SKS | 3 |
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah | Mahasiswa mampu memahami sistem bilangan real dan operasinya, induksi matematik, pertaksamaan, hasilkali Kartesius, fungsi dan limit, turunan, integral, penerapan integral pada koordinat kartesius dan koordinat polar, dan penentuan solusi persamaan diferensial orde satu dengan metode yang sesuai. |
Bahan Kajian | Membahas sistem bilangan real dan operasinya, induksi matematik, pertaksamaan, hasilkali Kartesius, fungsi dan limit, turunan, integral, penerapan integral pada koordinat kartesius dan koordinat polar, dan penentuan solusi persamaan diferensial orde satu dengan metode yang sesuai. |
Nama | Fisika Dasar I |
Kode | TEK619103 |
Jumlah SKS | 2 |
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah | Mahasiswa mampu dan memahami besaran dan pengukuran, vektor dan skalar, kinematika benda. Dinamika benda, hukum Newton tentang gerak, kerja dan energi, momentum linier, gerak melingkar, momentum anguler. |
Bahan Kajian | Mekanika (Gerak translasi dan rotasi, gaya dan torsi, momentum, usaha, tenaga potensial dan tenaga kinetis, statika titik dan benda), Hukum Hooke, Hidrostatika, Pemuaian, Efek Panas, dan Gas. |
Nama | Praktikum Fisika Dasar |
Kode | TEK619105 |
Jumlah SKS | 1 |
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah | Mahasiswa mampu memahami dan mempraktikan teori tentang mekanika, pengukuran momen kelembaman, percepatan gravitasi, kerapatan zat cair, koefisien gesek, tumbukan, ayunan puntir, viskositas air, modulus Young. Newton, ketimbangan benda tegar, setimbangan 3 dimensi. |
Bahan Kajian | Mekanika (Gerak translasi dan rotasi, gaya dan torsi, momentum, usaha, tenaga potensial dan tenaga kinetis, statika titik dan benda), Hukum Hooke, Hidrostatika, Pemuaian, Efek Panas, dan Gas, koefisien gesek, tumbukan, ayunan puntir, viskositas air, modulus Young. Newton, ketimbangan benda tegar, setimbangan 3 dimensi. |
Nama | Kimia Dasar |
Kode | TEK619106 |
Jumlah SKS | 2 |
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah | Mahasiswa mampu memahami teori hukum dasar, struktur atom dan molekul, sistem periodik, ikatan kimia, larutan dan kelarutan, stoikiometri, asam dan basa, elektrokimia dan korosi. Sifat benda gas, padat, dan cair. Bahan logam dan non logam, bahan organik dan nonorganik. Reaksi kimia yang berpengaruh buruk/baik terhadap konstruksi. |
Bahan Kajian | Struktur Atom dan Struktur Molekul, Stoikiometri, Kesetimbangan Kimia, Kesetimbangan Asam Basa, Redoks dan Elektrokimia, Termodinamika Kimia, Kinetika Kimia, Kimia Organik. |
Nama | Ilmu Bahan |
Kode | TSP619101 |
Jumlah SKS | 2 |
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah | a. Mahasiswa memahami dan memiliki kemampuan dalam Teknologi Bahan Teknik Sipil b. Mahasiswa memahami dan memiliki kemampuan dalam aplikasi bahan beton dalam teknik sipil c. Mahasiswa memahami dan memiliki kemampuan dalam menjelaskan penerapan bahan semen dalam teknik sipil d. Mahasiswa memahami dan memiliki kemampuan dalam menjelaskan penerapan bahan agregat dalam teknik sipil e. Mahasiswa memahami dan memiliki kemampuan dalam menjelaskan penerapan bahan agregat dalam teknik sipil f. Mahasiswa memahami dan memiliki kemampuan dalam menterjemahkan Air dan Bahan Tambah g. Mahasiswa memahami dan memiliki kemampuan dalam implikasi Pengolahan Beton h. Mahasiswa memahami dan memiliki kemampuan dalam menterjemahkan Baja dalam teknik sipil i. Mahasiswa memahami dan memiliki kemampuan dalam menerjemahkan aplikasi bahan aspal dalam teknik sipil j. Mahasiswamemahami dan memiliki kemampuan dalam menerjemahkan aplikasi bahan kayu dalam teknik sipil k. Mahasiswamemahami dan memiliki kemampuan untuk membuat job mix beton. |
Bahan Kajian | Sifat dan jenis bahan- bahan untuk konstruksi teknik sipil, struktural maupun non struktural. Pada kuliah ini mahasiswa harus mempelajari baik aspek teoritisnya maupun mengenal pengantar dan penggunaan bahan-bahan pada teknik sipil. |
Nama | Statistik Teknik sipil |
Kode | TSP619103 |
Jumlah SKS | 2 |
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah | a. Mahasiswa memahami statistik dan probabilitas bidang teknik sipil b. Mahasiswa memahami konsep distribusi frekuensi ukuran pusat dan data variabilitas c. Mahasiswa memahami dan mengetahui tentang peluang d. Mahasiswa memahami dan mengetahui tentang hipotesis dan regresi e. Mahasiswa memahami dan mengetahui tentang software SPSS. |
Bahan Kajian | Pendahuluan statistic, Teori peluang dan peubah acak, Distribusi peluang diskret, Fungsi peubah acak, Penafsiran dan pengujian hipotesis, Teori regresi linear dan korelasi, Pengertian Statistical Process Control (SPC), Piranti SPC (Flow Chart, Run Chart, Pareto Chart, Cause and effect diagram, frequency histogram,, dan Control Chart) dan kapabilitas proses (konsep, kapabilitas relative, indeks kapabilitas, indeks kinerja dan pesan). |
Nama | Menggambar Teknik Sipil |
Kode | TSP619105 |
Jumlah SKS | 2 |
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah | Mahasiswa mampu memahami dan mengerti uraian tentang perkembangan ilmu teknik sipil, dasar-dasar gambar teknik, alat gambar, kertas dan ukuran, garis, notasi, huruf dan angka, proyeksi orthogonal, proyeksi pictorial, bangunan gedung sederhana, bangunan gedung berlantai lebih dari satu, bangunan jalan dan jembatan, bangunan air & dermaga, gambar peta dan topografi, dasar-dasar Auto-CAD dan Sketch-Up. |
Bahan Kajian | Standarisasi gambar teknik, Konstruksi geometri, Teori proyeksi, Gambar pandangan dan potongan, Penyajian gambar, Jenis bahan dan tanda-tanda pengerjaan, Dasar-dasar CAD (Computer-Aided Design). |